GoLinkNews
      Golinknews.com      Online Single Submission (OSS)      GolinkUKM      Golink-RTRW      GolinkRPETRA      GolinkDasboard      GolinkFOOD      SuratKU

 Berita     Senin, 01 Oktober 2018   82 kali


Dandim 0904: Generasi Muda Awam Peristiwa G30S

Tana Paser (golinknews.com) Tidak banyak generasi milenial saat ini yang mengetahui istilah G30S. Padahal istilah itu begitu dikenal karena menyimpan memori kelam bangsa ini. 

 "Saat ini banyak generasi muda yang tidak mengetahui sejarah G30S, sejarah dimana PKI ingin mengubah ideologi negara menjadi ideologi komunis," kata Dandim 0904 Tng Letkol (Arh) Ardian Patria Chandra usai upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila di halaman kantor Bupati Paser, Senin (1/10).

 Upacara yang dipimpin Bupati Paser Yusriansyah Syarkawi dan dihadiri Ketua DPRD Paser peringatan hari Kesaktian Pancasila serta Forkopimda itu diikuti unsur TNI, Polri, PNS, mahasiswa dan pelajar.

 G30S adalah singkatan dari Gerakan 30 September tahun 1965, dimana enam jenderal dan seorang perwira tewas tertanam di sumur tua di kawasan lubang buaya, Jakarta. 

 Gerakan tersebut diketahui dilakukan Partai Komunis Indonesia (PKI) yang saat itu ingin mengubah ideologi negara Pancasila menjadi ideologi Komunis.

Kemudian pemerintah pun melarang partai tersebut dan memperingati kejadian itu sebagai hari Kesaktian Pancasila. 

 "Upacara peringatan ini untuk kita mengingat kalau kita pernah mengalami sejarah kelam pada tahun 1965," ujar Ardian. 

 Ia menilai PKI adalah bahaya laten yang suatu waktu bisa saja bangkit. Deteksi dini menurut Ardian sudah dilakukan TNI dengan program wawasan kebangsaan yang dilaksanakan ke sekolah-sekolah.

 "Program TNI sudah lama berjalan yaitu program wawasan kebangsaan di sekolah-sekolah, memberikan pemahaman tentang bahaya komunis dan paham leninisme," pungkasnya.(Roli)