GoLinkNews
      Golinknews.com      Online Single Submission (OSS)      GolinkUKM      Golink-RTRW      GolinkRPETRA      GolinkDasboard      GolinkFOOD      SuratKU

 Berita  admin   Senin, 01 Oktober 2018   134 kali


CPNS Formasi Guru Di Paser, Hanya dicari 3 orang

TANA PASER- Kebutuhan Guru di KaBupaten Paser Nampaknya belum.bisa terpenehi, HalniNi tampak dari penerimaan formasi Calon Pegawai Negeri Sipil yang hanya membutuhkan 3 orang saja pada formasi Guru.

 Hal ini tidak sebanding dengan keadaan dilapangan. Pasalnya disetiap sekolah masih sekitar 2000 lebih guru yang mengajar dengan sistem kontrak atau honorer.

 Ditahun 2018 ini Pemerintah telah membuka pendaftaran CPNS secara Online. Untuk Kabupaten Paser dibutuhkan sebanyak 177 orang. 174 dari yang dibutuhkan tersebut seluruhnya akan ditempatkan sebagai pelayan kesehatan di wilayah Kabupaten paser.

 Sekretaris Dinas Pendidikan Paser Wisman mengatakan bahwa jumlah tersebut tidak seimbang, lantaran saat ini kabupaten Paser masih membutuhkan tenaga pendidik sebanyak 350 orang.

 "Kalau kita berkaca pada jumlah, tentu hal ini tidak sebanding, Tapi memang ini lah kenyataan yang ada,"Ujar Sisman. Senin (1/10).

 Menurut Sisman jumlah tersebut belum termasuk pengurangan guru di sekolah yang dikarenakan pensiun dan meninggal dunia.

 "Belum lagi dengan adanya guru yang pensiun dan ada juga guru yang meninggal, kekosongan guru tersebut tidak bisa digantikan begitu saja, ada proses yang harus dilakukan oleh pihak sekolah,"Ucapnya.

 Kekurangan guru di kabupaten Paser sangat berpengaruh terhadap pelayanan Pendidikan di Paser.

 "Tentu keadaan ini sangat mempengaruhi kualitas pendidikan di Kabupaten Paser, Bagaimana kualitas pendidikan Bisa meningkat kalau penduduknya saja kurang sehingga 1 pendidik bisa menangani lebih dari 1 mata pelajaran,"Terangnya.

 Saat ditanya besaran penyebaran kebutuhan guru di kabupaten Paser. Ia mengatakan bahwa pendengarannya hampir merata di seluruh Kabupaten paser.

 "Perdebatan kebutuhan guru saya rasa hampir merata, terutama untuk guru yang berada di Desa,"Terang Sisman.

 Sementara ini Dinas Pendidikan hanya mengandalkan keberadaan Guru kontrak Untuk mengisi kekurangan tersebut.

 "Sementara ini kami hanya mengandalkan keberadaan guru kontrak atau honorer untuk mengisi kekosongan guru yang ada," Ucapnya.

 Sedangkan guru kontrak yang ada juga masih banyak yang tidak sesuai dengan disiplin ilmu yang dimiliki.

 "Kebanyakan juga guru kontrak yang masuk tidak sesuai dengan urusannya, jadi pemerintah masih perlu melaksanakan pelatihan untuk tenaga honor yang ada,"Terangnya.

 Selanjutnya ia berharap agar pemerintah Daerah bisa memperhatikan permasalahan pelayanan pendidikan di kabupaten paser guna meningkatkan kualitas pendidikan.

 "Tentu kami sangat berharap ada perhatian khusus dari pemerintah daerah terhadap pendidikan di Kabupaten Paser, Jangan sampai generasi muda kita lemah dalam hal pendidikan,"Pungkasnya.