GoLinkNews
      Golinknews.com      Online Single Submission (OSS)      GolinkUKM      Golink-RTRW      GolinkRPETRA      GolinkDasboard      GolinkFOOD      SuratKU

 Berita  admin   Kamis, 04 Oktober 2018   94 kali


Gelar Dialog, Forum Keserasian Sosial Petangis Deteksi Potensi Konflik

Tana Paser (golinknews.com) Untuk mencegah potensi konflik yang terjadi di tengah masyarakat, pemerintah melalui Kementerian Sosial telah membentuk forum keserasian sosial di daerah, diantaranya Forum Keserasian Sosial yang ada di Desa Petangis Kecamatan Batu Engau Kabupaten Paser.

 Pada tahun 2018, forum bernama Forum Keserasian Sosial ‘Bolum Buen’ itu mendapatkan bantuan dana 150 juta dari Kementerian Sosial untuk deteksi dini potensi konflik sosial melalui kegiatan fisik dan dialog dengan melibatkan tokoh masyarakat.

 Forum tersebut pada Kamis (4/10), menggelar dialog dengan masyarakat, yang dihadiri stakeholder terkati seperti Dinas Sosial, kecamatan, kepala desa, BPD, dan tokoh masyarakat serta tokoh agama dengan menghadirkan narsumber dari Dinas Sosial kabupaten Paser dan Kepolisian setempat.

 Ketua Forum Keserasian Sosial ‘Bolum Buen’ Desa Petangis Zulvian Pratama mengatakan faktor ekonomi sejauh ini merupakan faktor utama yang bisa menyebabkan terjadinya konflik sosial di desa tersebut. 

 “Berdasarkan analisa kami, sejauh ini faktor ekonomi yang bisa menyebabkan terjadinya konflik di desa Petangis,” kata Zulvian. 

 Forum keserasian sosial dan forum swadaya masyarakat kata Zulvian berupaya mencegah dini potensi-potensi konflik. 

 “Melalui forum itu juga akan dibangun fasilitas rumah ibadah dan halte bus, yang pembangunannya disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat,” katanya.(roli)