GoLinkNews
      Golinknews.com      Online Single Submission (OSS)      GolinkUKM      Golink-RTRW      GolinkRPETRA      GolinkDasboard      GolinkFOOD      SuratKU

 Berita     Selasa, 18 Desember 2018   134 kali


Apdesi Paser minta perekrutan perangkat desa transparan

Tana Paser (Golinknews.com) Asosiasi Perangkat Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Cabang Paser turut mengawal perekrutan perangkat desa di 139 desa yang ada di daerah itu. Apdesi berharap perekrutan perangkat desa di Paser bisa dilakukan secara transparan dan demokratis.

“Kami ingin perekrutan yang demokratis, profesional dan transparan. Makanya kami terlibat dalam perekrutan ini,” kata Ketua Apdesi Paser M. Nasri di Tanah Grogot, Selasa (18/12).

Dari 10 kecamatan di daerah itu, 5 kecamatan diantaranya telah melaksanakan perekrutan perangkat desa.

“Yang Sudah melakukan seleksi Kecamatan Long Ikis, Batu Engau, Tanah Grogot dan Kuaro. Hari ini 150 peserta mengikuti tes perangkat desa se-Kecamatan Kuaro,” ucap Nasri.

Nasri mengatakan seluruh perangkat desa di daerah itu direncanakan akan diganti mengingat adanya perubahan struktur organisasi di pemerintahan desa saat ini.

“Karena ada perubahan struktur pemerintah desa, rencananya akan perangkat desa di 139 desa akan diganti. Misalnya dulunya Kepala Urusan (Kaur), sekarang dengan aturan yang baru menjadi kepala seksi,” kata Nasri.

“Jika sebelumnya bendahara desa dipegang kaur pembangunan, sekarang diisi Kasi Keuangan dan Kasi Perencanaan,” imbuhnya.

Perangkat desa kata Nasri akan menjalani serangkaian tes yakni tes tertulis, komputerisasi dan wawancara.

“Untuk Pendidikan minimal SMA sederajat,” katanya.

Nasri berharap perangkat desa yang terseleksi dapat bekerja dengan baik, membantu tugas kepala desa dalam menjalankan roda pemerintahan.

“Harapan kami perangkat desa bisa memaksimalkan dan membantu kinerja Kepala Desa seperti kegiatan pelaporan dan urusan administrasi lainnya,” tutur Nasri.(Roli)