GoLinkNews
      Golinknews.com      Online Single Submission (OSS)      GolinkUKM      Golink-RTRW      GolinkRPETRA      GolinkDasboard      GolinkFOOD      SuratKU

 Berita  admin   Minggu, 06 Januari 2019   6 kali


Tingkatkan SDM, Desa Klempang Sari Bimtek Perangkat Desa

Klempang Sari, Kuaro,- Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Desa Klempang Sari Kecamatan Kuaro Kabupaten Paser mengikuti pelatihan atau bimbingan teknik multimedia dan jurnalistik dasar dari Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (DKISP) di daerah itu, Sabtu (6/1).

Pelatihan dibuka Ketua BPD Desa Klempang Sari Sugiarto, dilanjutkan penyampaian materi dari pegawai DKISP.

"Pelatihan ini untuk memberdayakan masyarakat Klempang Sari, khususnya KIM agar bisa mengelola informasi yang ada di desa," kata Sugiarto.

Narasumber DKISP Paser Hutja Prasetya menyampaikan materi dasar dalam pembuatan berita straight news.

"5 W plus 1 H. What, who, where, when, why dan How. Dasar dalam penulisan berita yang harus dipegang jurnalis atau penulis berita dari KIM Klempang Sari," katanya.

Ia juga menyampaikan metode piramida terbalik yang pada umumnya digunakan jurnalis atau wartawan dalam menulis.

"Piramida terbalik, intinya mengedepankan informasi yang penting di awal paragraf dalam sebuah berita," katanya.

Narasumber DKISP Paser lainnya, Asmaul Husna lebih khusus menyampaikan materi pengambilan video dengan beberapa teknik dasarnya.

"Ada panning, til up, close up dan zoom dan sebagainya" kata Asmaul.

Umumnya anggota KIM tidak memiliki peralatan standar jurnalistik. Oleh karena itu smartphone akan dimanfaatkan untuk dokumentasi video di setiap kegiatan desa.

Pejabat sementara Kades Klempang Sari Nazwadie Anwar berharap potensi Desa Klempang Sari dapat terekspos secara luas setelah KIM di desa itu mendapatkan pelatihan jurnalistik dasar.

"Harapannya Desa Klempang Sari dapat dikenal luas masyarakat baik potensi desa dan yang lainnya, setelah anggota KIM bisa menghimpun informasi dan menjadikannya sebuah karya berita, " ucap Nazwadie.